Pandunan Lengkap Cara Investasi Emas di Pegadaian

Ada banyak jenis instrument investasi seperti saham, reksadana, emas, dan property. Namun, investasi emas digital menjadi daya Tarik tersendiri, terlebih di era digital seperti sekarang ini. Di pegadaian, kalian bisa melakukan investasi emas baik secara fisik maupun digital. Lalu, bagaimana cara investasi emas di pegadaian? Itulah yang akan kita bahas tuntas di sini.

Investasi Emas di Pegadaian
Investasi Emas di Pegadaian

Macam-macam Program Investasi Emas di Pegadaian

  1. Penjualan Fisik Emas Batangan Bernama Mulia

Produk ini adalah layanan kepada investor untuk secara langsung membeli emas fisik Batangan, mulai dari 5 gr sampai 1 kg. Tujuannya supaya investor punya emas fisik Batangan secara langsung. Yang unik adalah layanan ini bisa dalam bentuk kredit ataupun tunai, dan bisa juga pembelian kolektif (baik itu sharing modal atau arisan). Metode pembayarannya juga bermacam-macam dengan kualitas terbaik di kantor Pegadaian. Emas Batangan yang dijual merupakan emas murni & legal serta sah yang memiliki sura tatas nama pembeli.

Untuk kredit, DP minimal 15% dengan angsuran 3 sampai 36 bulan. Jika pembelian tunai emas bisa langsung dibawa pulang, lain halnya dengan pembelian kredit di mana emas baru bisa dibawa pulang jika sudah lunas.

  1. Menabung Emas Mulai dari 5ribu Rupiah

Mirip dengan produk tabungan seumumnya, tapi uang yang ditabung dikonversi dalam gram emas. Kalian bisa menabung mulai dari Rp 5.000 atau setara dengan 0,01 gram emas. Tentu saja, produk tabungan emas ini aman & terjamin. Konversi ini dapat dijual Kembali ke Pegadaian (buyback) dengan besaran sesuai harga emas di hari transaksi buyback.

  1. Jasa Titip-Jual Emas

Layanan ini cocok untuk siapapun yang ingin memutar modal sesudah membeli emas Batangan fisik sebab produk ini melayanani jasa titip-jual. Artinya, kalian yang punya emas Batangan bisa menitipkan pada Pegadaian dan diikutkan dalam program yang satu ini. Jika ada pembeli yang butuh emas Batangan tunai, emas yang dititipkan itu akan dijual dulu. Dari hasil penjualan ini, investor akan memperoleh bagi hasil dari keuntungan penjualan. Akadnya biasanya selama 3 bulan. Jika tidak terjual dalam kurun waktu tersebut, dapat dibuatkan akad untuk konsinyasi lagi.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas di Pegadaian

Meski cukup menguntungkan, investasi emas di pegadaian punya sisi kerugian. Misalnya adalah dari segi kurs jual dan beli saat menabung emas. Bisa saja, kurs ini menguntungkan sebab saat menabung / membeli harga emas sedang di bawah sehingga keuntungan saat menjual bisa lebih besar. Namun jika harga emas naik saat membeli / menabung, keuntungannya kemungkinan lebih kecil.

Bukan hanya itu, ada bermacam-macam biaya administrasi dan juga biaya tambahan lain yang membuat Emas Pegadaian menjadi cukup mahal. Bahkan, jika investor memakai fasilitas Tabungan Emas, ada biaya cetak yang juga lumayan besar saat ingin mencetaknya.

Apakah ada pilihan lain selain Pegadaian untuk berinvestasi emas? ya, Tentu saja ada. Setelah mengetahui cara investasi emas di pegadaian, kalian juga perlu tahu cara investasi emas di sakumas.com. Ya, Sakumas merupakan salah satu platform untuk jual-beli atau investasi/menabung emas secara digital. Selain terdaftar di Kominfo, Sakumas juga merupakan anggota dari Kliring Berjangka Indonesia dan Jakarta Future Exchange. Tak hanya itu saja, Sakumas juga diawasi leh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Dengan begitu, legalitas dan keamanannya sangat terjamin.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Investasi Emas di Pengadaian semoga dapat menjadi salah satu tambahan referensi bagi Anda.

Recommended For You

About the Author: Juna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *